Minggu, 15 Oktober 2023

Macam Macam Kegiatan Kio Sano diluar Sekolah

 Bismillah..

Kali ini aku mau cerita tentang kegiatan anak. Kebetulan anak aku, Kio, adalah anak yang super aktif. Dari usia 4 tahun, sudah jarang tidur siang, begitu juga dengan adiknya. Sebagai Ibu yang tidak ada assisten, mengurus 2 anak, suami dan rumah, memberikan kegiatan yang relevan dengan mereka ini cukup sulit, karena keadaan di rumah kami tidak ada teman sepantar. 

Sebagaimana postinganku sebelumnya, bahwa sejak umur 4 tahun, Kio mengikuti robotic. Lalu saya selalu explore tentang kebutuhannya, dari les bola untuk toddler, les renang dan kegiatan positif lainnya. Di usia Kio menginjak 6 tahun sekarang, dia memiliki 4 kegiatan di luar jam sekolah. 

Pertama, kelas mengaji, sebagai anak laki-laki, saya sadar sedang membesarkan seorang imam. Apa bekalnya nanti jika ia tidak memiliki bekal agama. Karena Kio tidak mau mengikuti kelas mengaji di daerah rumah, jadi saya memasukkan dia ke mengaji online. Kio juga masih lanjut robotic. Kio juga les renang, dan yang terakhir English First. 

Les renang ini, upaya saya dalam membuang energinya, tapi bagi saya, les renang juga mempunyai dampak positif lain, yaitu anak bisa menguasai instruksi baru. Ketika berolahraga, instuksi yang didapat, sangat beragam. Disini say amelihat, anak yang mudah dan sulit sekali menyerap intruksi. 

Lalu English First, Kio ada kemungkinan tidak lanjut sekolah di sekolah yang sekarang. Pilihanya, Kio akan bersekolah di sekolah bilingual. Maka di TK B sekarang, Kio kami berikan bekal les bahasa inggris di EF.

Nanti ketika Sano menginjak 4 tahun pun, saya ada rencana memberikan Sano beberapa kegiatan. Saat ini Sano juga sudah les mengaji sebelumnya, walaupun saat di Playgroup sekarang, Sano hanya mengaji di sekolah. Sano juga mengikuti gymnastic sebelumnya, juga les renang bersama Kio. Semua les Sano sedang tidak aktif, karena dia masih adaptasi di sekolah Playgroup.